Langsung ke konten utama

Tips Perawatan Rambut untuk Lansia yang Perlu Anda Ketahui

Rambut merupakan mahkota manusia yang dapat mempercantik penampilan. Selayaknya mahkota, rambut bisa dibuat berbagai model dan warna sesuai dengan selera pemiliknya. Namun rambut juga memiliki batasan usia sehingga pada manula atau lansia kerap ditemui rambut yang menjadi kurang subur dibandingkan sebelumnya. Bahkan pada orang tertentu, kerontokan rambut bisa lebih dini terjadi yang menyebabkannya memiliki kebotakan di usia dini. Pada orang tua, rambut akan memutih seiring dengan penambahan usia dan saat menginjak usia lansia, rambut yang rontok menjadi semakin banyak sehingga volume rambut berkurang. Hal ini mengakibatkan ketakutan oleh banyak orang sehingga diciptakan produk kosmetik perawatan rambut untuk menghindari tanda penuaan dini di area mahkota kepala tersebut.

Perawatan untuk mencegah kerontokan dan kebotakan seharusnya dilakukan sebelum rambut menjadi tipis dan kepala menjadi botak. Namun bukan berarti saat hal tersebut sudah terjadi, melakukan perawatan adalah hal yang sia-sia. Tak ada kata terlambat untuk melakukan perawatan pada mahkota kita. Bagi para lansiapun, tetap ada perawatan yang perlu dilakukan agar rambut yang dimiliki tetap sehat serta mengurangi gejala penuaan yang lebih parah. Jika Anda memiliki orang tua lanjut usia atau bahkan memiliki gejala penuaan dini pada rambut Anda sendiri, berikut ini adalah beberapa tips perawatan untuk rambut yang bisa dilakukan:



  • Menggunakan sisir yang tidak terlalu rapat.
Ingin membuat rambut halus dan rapi tak harus dilakukan dengan sisir yang sangat rapat apalagi Anda memiliki masalah kerontokan rambut. Gunakan sisir yang lebih renggang namun tambahkan waktu Anda menyisir rambut hingga semua bagian rambut tersisir sempurna. Dengan begitu rambut akan tetap rapi dan halus tanpa banyak yang rontok.

  • Gunakan minyak rambut.
Untuk Anda atau manula yang memiliki rambut tipis, gunakan minyak rambut dengan kandungan ginseng, kemiri, atau bahan herbal lainnya yang bisa menstimulasi pertumbuhan rambut. Selain itu minyak rambut juga bisa menambah kelembaban rambut sehingga rambut tak mudah kering dan putus.

  • Makan buah dan sayur.
Gejala penuaan dini juga bisa disebabkan karena kurangnya asupan vitamin dan mineral pada tubuh. Untuk itu perbanyak konsumsi buah dan sayur serta minum air putih cukup setiap harinya.

  • Pewarnaan rambut.
Beberapa manula memiliki keinginan untuk mengecat rambutnya agar lebih terlihat muda. Gunakan cat rambut berkualitas yang selain dapat mengubah warna juga bisa menutrisi akar rambut dengan baik.


Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para lansia dan mereka yang memiliki masalah penuaan dini dengan gejala rambut rontok. Lakukan perawatan rambut secara konsisten dan teratur agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Hindari faktor penyebab rontoknya rambut misalnya kurang tidur, stres, alkohol dan pengaruh sinar matahari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siapkan Diri Anda untuk Melihat Smartphone Terbaru dari Vivo Ini!

Ini Dia 10 Restoran Romantis yang Ada Di Bali

Suka makan dan juga suka foto-foto? ini dia tempat yang sangat cocok kamu kunjungi saat di Bali bersama pasanganmu, 10 Restoran paling Romantis dan juga Instagenic. Pass banget buat kamu yang suka upload foto di Instagram. Sebenarnya di Bali banyak sekali terdapat resto yang romantis serta instagenic, hal tersebut karena pemandangan sekitar yang sangat mendukung. Dengan jepretan foto-foto ini akan membuat feed instagram kamu menjadi lebih keren, selain itu akan menambah hubungan kamu dan pasangan menjadi semakin romantis!

1. SWEPT AWAY – THE SAMAYA UBUD

Di deretan pertama ada SWEPT AWAY - THE SAMAYA UBUD, sebuah restoran yang memiliki konsep alam. Makan siang romantis dengan pasangan akan semakin romantis dengan dikelilingi air jernih serta bebatuan sungai. Meja makan sengaja diletakkan di tengah-tengah sungai sehingga membuat suasana sangatt alami serta romantis. Terasa suasana alam begitu tenang dan bebas polusi serta traffic jam. Selain romantis, spot untuk foto juga sangat unik dan…

Ini Dia Salah Satu Cara Ampuh Untuk Diet

Menurut riset, mengubah waktu makan bisa menjadi kunci untuk mengurangi lemak tubuh. Riset ini dilakukan selama 10 minggu oleh peneliti dari University of Surrey. Hasil riset membuktikan waktu makan ternyata berdampak signifikan terhadap tubuh kita. Dalam penelitian, peserta tidak diharuskan untuk mengatur jenis makanan dan bisa mengonsumsi makanan apapun yang mereka inginkan, namun hanya makan pada jam-jam tertentu. Peserta dalam riset ini terbagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama adalah mereka yang mengonsumsi makanan seperti biasa. Sementara kelompok kedua mengonsumsi sarapan 90 menit lebih lambat dan makan malam 90 menit lebih awal. Setiap peserta juga diminta mengisi buku harian diet sepanjang penelitian, memberikan sampel darah dan menyelesaikan kuesioner usai penelitian. 

Hasilnya, mereka yang mengonsumsi makanan pada jeda waktu lebih kecil mengalami pengurangan lemak dua kali lebih besar daripada kelompok lainnya. Dari hasil pengisian kuesioner, terungkap sebesar 57 persen…