Langsung ke konten utama

Inilah 3 Tempat di Bukit Tinggi yang Dilewati Kirab Obor Asian Games

Setelah singgah di Parapat, Sumatera Utara, kirab obor Asian Games melanjutkan perjalanannya menuju Bukittinggi, Sumatera Barat, Kamis (2/7/2018). Rombongan melanjutkan perjalanan menuju kota Bukit Tinggi. Festival kesenian diadakan di Lapangan Olahraga Wirbaja untuk menyambut kirab obor Asian Games. Setelah itu, kirab obor akan berlari mengelilingi kota Bukittinggi dan melalui 18 titik pemberhentian estafet api obor, tiga diantaranya obyek wisata Bukittinggi. Beberapa obyek wisata ini adalah Lobang Jepang, Rumah Bung Hatta, dan berakhir di Simpang Istana Bung Hatta.

Gambar terkait

1. Lobang Jepang 

Sekitar 60 meter di bawah permukaan Kota Bukittinggi, terbentang terowongan yang dibangun Jepang dengan panjang enam kilometer. Lobang Jepang dibuka untuk umum sebagai obyek wisata, namun hanya 1,5 kilometer yang bisa dijelajahi oleh wisatawan. Bangunan di Bukittingi tak ada yang tinggi, kecuali Jam Gadang. Ini karena ditakutkan jika dibangun terlalu tinggi, fondasi akan bertemu dengan Lobang Jepang yang terbentang panjang dan ambruk. Lubang ini dibangun pada tahun 1944 selama kurang lebih tiga tahun. Pengerjaannya yang dirahasiakan pada malam hari membuat generasi 50-an tidak mengetahui adanya Lobang Jepang ini. Terdapat 21 lorong di sini yang dahulu memiliki berbagai fungsi, seperti barak tentara, ruang sidang, kamar komando, pintu penyergapan, pintu pelarian, sampai dapur pembantaian. Lobang Jepang terkenal dengan cerita mistis. Lubang Jepang telah mengalami peremajaan, dinding telah di lapis semen, bagian alas ditutup batu konblok, diberi pencahayaan lampu listrik, dan bagian alas lobang dikeruk agar para wisatawan asing yang tinggi bisa mudah mengunjungi lobang ini.

2. Rumah Bung Hatta 

Mohammad Hatta, Bapak Proklamator merupakan keturunan Minang. Bung Hatta panggilan akrabnya, meninggalkan banyak hal penting bagi Indonesia, terutama orang Minang. Rumah ini dibuat sejak tahun 1860, saat ini telah mengalami renovasi, namun denah rumah dan perabotan masih sama seperti dulu. Di rumah sederhana yang terletak di Jalan Soekarno Hatta Nomor 37, Bukittinggi, Sumatera Barat, Bung Hatta dilahirkan. Rumah tersebut terbuat dari kayu, memiliki dua lantai, dengan bentuk sederhana. Rumah kelahiran Bung Hatta saat ini telah difungsikan sebagai museum yang dibuka untuk umum. Untuk mengunjungi Rumah Bung Hatta tak dipungut biaya, buka setiap hari dari pukul 08.00-18.00 WIB.

3. Simpang Istana Bung Hatta 

Istana Bung Hatta terletak di Jalan Istana, Kelurahan Bukit Cangang, Kecamatan Guguk Panjang. Lokasi Istana ini sangat mudah karena berada tepat di depan kawasan Jam Gadang. Sebelum menjadi istana kepresidenan, saat Belanda berhasil menduduki kota Yogyakarta, istana ini sempat dialihfungsikan menjadi basis pemerintahan Indonesia. Saat itu Bukittinggi dijadikan sebagai kota pemerintahan darurat Republik Indonesia. Gedung ini dahulu bernama Gedung Tri Arga. Saat ini gedung ini digunakan sebagai obyek wisata sejarah dan tempat menjamu tamu negara yang berkunjung ke Bukittinggi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siapkan Diri Anda untuk Melihat Smartphone Terbaru dari Vivo Ini!

Ini Dia 10 Restoran Romantis yang Ada Di Bali

Suka makan dan juga suka foto-foto? ini dia tempat yang sangat cocok kamu kunjungi saat di Bali bersama pasanganmu, 10 Restoran paling Romantis dan juga Instagenic. Pass banget buat kamu yang suka upload foto di Instagram. Sebenarnya di Bali banyak sekali terdapat resto yang romantis serta instagenic, hal tersebut karena pemandangan sekitar yang sangat mendukung. Dengan jepretan foto-foto ini akan membuat feed instagram kamu menjadi lebih keren, selain itu akan menambah hubungan kamu dan pasangan menjadi semakin romantis!

1. SWEPT AWAY – THE SAMAYA UBUD

Di deretan pertama ada SWEPT AWAY - THE SAMAYA UBUD, sebuah restoran yang memiliki konsep alam. Makan siang romantis dengan pasangan akan semakin romantis dengan dikelilingi air jernih serta bebatuan sungai. Meja makan sengaja diletakkan di tengah-tengah sungai sehingga membuat suasana sangatt alami serta romantis. Terasa suasana alam begitu tenang dan bebas polusi serta traffic jam. Selain romantis, spot untuk foto juga sangat unik dan…

Ini Dia Salah Satu Cara Ampuh Untuk Diet

Menurut riset, mengubah waktu makan bisa menjadi kunci untuk mengurangi lemak tubuh. Riset ini dilakukan selama 10 minggu oleh peneliti dari University of Surrey. Hasil riset membuktikan waktu makan ternyata berdampak signifikan terhadap tubuh kita. Dalam penelitian, peserta tidak diharuskan untuk mengatur jenis makanan dan bisa mengonsumsi makanan apapun yang mereka inginkan, namun hanya makan pada jam-jam tertentu. Peserta dalam riset ini terbagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama adalah mereka yang mengonsumsi makanan seperti biasa. Sementara kelompok kedua mengonsumsi sarapan 90 menit lebih lambat dan makan malam 90 menit lebih awal. Setiap peserta juga diminta mengisi buku harian diet sepanjang penelitian, memberikan sampel darah dan menyelesaikan kuesioner usai penelitian. 

Hasilnya, mereka yang mengonsumsi makanan pada jeda waktu lebih kecil mengalami pengurangan lemak dua kali lebih besar daripada kelompok lainnya. Dari hasil pengisian kuesioner, terungkap sebesar 57 persen…