Langsung ke konten utama

Mesin Jahit Selalu Bermasalah? Ini Dia Tipsnya!

Pada dewasa ini, keterampilan tidak hanya didapat karena memang merupakan bakat dari lahir atau pun faktor genetik, nyatanya saat ini kebanyakan dari masyarakat Indonesia dapat mahir dalam suatu bidang karena sering melakukan kegiatan tersebut dan terus menerus mempelajarinya hingga mereka menjadi mahir. Salah satu kegiatan yang bisa dikuasai jika selalu dilakukan terus dilatih adalah menjahit.

Memang terdengar tidak terlalu penting, namun nyatanya pekerjaan dalam bidang ini sedang populer karena masyarakat Indonesia selalu menginginkan pakaian yang memiliki desain dan model terbarunya. Selain pakaian, ada pula beberapa produk yang melibatkan kegiatan ini, seperti membuat perabot rumah dan sebagainya. Untuk bisa melatih dan menjadi mahir, pastinya Anda membutuhkan mesin jahit yang bisa digunakan dengan nyaman setiap harinya. Namun, yang namanya mesin pasti sering kali dihadapkan pada beberapa masalah yang kerap terjadi pada mesin tersebut, seperti:


Suara dalam Mesin

Salah satu masalah yang sering menyerang mesin tersebut adalah bagian dalamnya sering mengeluarkan beberapa suara aneh yang terkesan tidak biasa. Hal tersebut sebenarnya bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya karena rumah skoci atau yang kerap disebut juga sebagai rumah kumparan mengalami hambatan seperti adanya sisa benang atau pun kotoran yang menempel pada komponen tersebut. Namun, suara tersebut bisa juga dihasilkan oleh mesin karena mulai merasa aus atau kurang diberikan minyak pelumas.

Jarum yang Sering Patah

Mungkin masalah ini sangat terjadi pada Anda yang masih pemula dan masih belum terbiasa untuk menggunakan mesin ketika menjahit sesuatu. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya posisi jarum yang digunakan tidaklah dalam keadaan yang benar, bisa juga karena kualitas jarum yang sudah tidak bagus lagi seperti sudah bengkok atau pun sifatnya yang sangat halus dan rapuh. Jarum yang sering patah juga bisa disebabkan karena saat Anda sedang menjahit, Anda menarik bahan tersebut.

Benang Sering Putus

Masalah yang ini juga sering dialami oleh para penjahit pemula mau pun yang sudah profesional sekali pun. Hal ini bisa disebabkan karena kondisi benang yang sudah tidak bagus lagi, tegangannya yang terlalu keras, jarumnya tidak terpasang dengan benar atau pun sudah tidak dalam kondisi yang baik lagi, besaran benang yang tidak sesuai dengan jarum yang digunakan, mau pun jarum yang digunakan terlalu halus dan tidak kuat untuk menjahit bahan tertentu.

Jahitan Sering Melompat

Masalah lain yang sering juga terjadi ketika menggunakan mesin jahit adalah jahitan yang sedang dikerjakan sering melompat. Penyebabnya bisa karena jarum yang sudah tidak berkualitas atau tidak tepat, bisa juga karena benang yang dipasang tidak tepat dan tidak sesuai. Selain itu, bisa juga dikarenakan dalam rumahnya yang tidak tepat. Untuk itu, perhatikanlah jenis dan kualitas jarum dan benang yang Anda gunakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siapkan Diri Anda untuk Melihat Smartphone Terbaru dari Vivo Ini!

Ini Dia 10 Restoran Romantis yang Ada Di Bali

Suka makan dan juga suka foto-foto? ini dia tempat yang sangat cocok kamu kunjungi saat di Bali bersama pasanganmu, 10 Restoran paling Romantis dan juga Instagenic. Pass banget buat kamu yang suka upload foto di Instagram. Sebenarnya di Bali banyak sekali terdapat resto yang romantis serta instagenic, hal tersebut karena pemandangan sekitar yang sangat mendukung. Dengan jepretan foto-foto ini akan membuat feed instagram kamu menjadi lebih keren, selain itu akan menambah hubungan kamu dan pasangan menjadi semakin romantis!

1. SWEPT AWAY – THE SAMAYA UBUD

Di deretan pertama ada SWEPT AWAY - THE SAMAYA UBUD, sebuah restoran yang memiliki konsep alam. Makan siang romantis dengan pasangan akan semakin romantis dengan dikelilingi air jernih serta bebatuan sungai. Meja makan sengaja diletakkan di tengah-tengah sungai sehingga membuat suasana sangatt alami serta romantis. Terasa suasana alam begitu tenang dan bebas polusi serta traffic jam. Selain romantis, spot untuk foto juga sangat unik dan…

Ini Dia Salah Satu Cara Ampuh Untuk Diet

Menurut riset, mengubah waktu makan bisa menjadi kunci untuk mengurangi lemak tubuh. Riset ini dilakukan selama 10 minggu oleh peneliti dari University of Surrey. Hasil riset membuktikan waktu makan ternyata berdampak signifikan terhadap tubuh kita. Dalam penelitian, peserta tidak diharuskan untuk mengatur jenis makanan dan bisa mengonsumsi makanan apapun yang mereka inginkan, namun hanya makan pada jam-jam tertentu. Peserta dalam riset ini terbagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama adalah mereka yang mengonsumsi makanan seperti biasa. Sementara kelompok kedua mengonsumsi sarapan 90 menit lebih lambat dan makan malam 90 menit lebih awal. Setiap peserta juga diminta mengisi buku harian diet sepanjang penelitian, memberikan sampel darah dan menyelesaikan kuesioner usai penelitian. 

Hasilnya, mereka yang mengonsumsi makanan pada jeda waktu lebih kecil mengalami pengurangan lemak dua kali lebih besar daripada kelompok lainnya. Dari hasil pengisian kuesioner, terungkap sebesar 57 persen…